DEBUS, KESENIAN ASLI BANTEN

"Debus" | Kamu pernah lihat ada orang yang kebal dengan senjata tajam di tusuk tapi tidak terluka? dan ada orang yang berani membakar tubuhnya
namu tidak terluka. Ya, kurang lebih seperti itulah yang disebut debus.

Debus, berkembang sejak awal awab 18 dikalangan masyarakat Banten. Awalnya, kesenian ini dilakukan untuk menyebarkan agama, namun pada masa penjajahan, seni bela diri ini justru digunakan rakyat Banten untuk melawan penjajah. 

Debus, dalam bahasa Arab berarti senjata tajam yang terbuat dari besi dan mempunyai ujung yang runcing dan berbbentuk sedikit bulat. Dengan alat inilah, para pemain debus dilukai dan biasanya tidak tembus - tembus, walaupun debus itu dipukuli berkali - kali oleh orang lain.


Kalian tahu tidak, ternyata dalam melakukan atraksi ini setiap pemain mempunyai syarat - syarat yang berat dan ritual - ritual yang dberikan oleh guru mereka selama 1 hingga 2 minggu sebelum atraksi.

Sebenrnya inti dari kesenian Debus ini adalah mempertunjukkan kekuatan seorang pemain terhadap benda tajam. Nah, keunikan inilah yang merupakan menjadi daya tarik bangsa - bangsa lain untuk mempelajari dan melihat langsung pertunjukan debus tersebut.

Mari Kita Lestarikan Budaya Bangsa Kita Ini.

4 Responses to "DEBUS, KESENIAN ASLI BANTEN"

  1. tahukah anda? Debus itu pertunjukan paling mengerikan, kalau gagal :D

    Salam Teknologi, Sugraha's Creativity

    BalasHapus
  2. Gan Ilfen-share: makasih ude berkunjung
    Gan Ramanda Sugraha : Betul gan, makanya kegiatan debus ini dilakukan oleh para profesional dan butuh waktu dalam mempersiapkan kegiatan ini. Btw, lain kali kalau koment jangan pake Live Link Ya. :)

    BalasHapus
  3. keren kesenian indo itu
    YK37FAMILIA

    BalasHapus