ANGKLUNG ALAT MUSIK TRADISIONAL JAWA BARAT

 "Angklung Alat Musik Tradisional Jawa Barat" | merupakan salah satu alat musik yang unik berasal dari Indonesia. Alat musik yang terbuat dari bambu ini akan mengeluarkan bunyi apabila kita goyangkan. Bunyi yang dikeluarkan angklung ini disebabkan oleh badan pipa bambu, sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Angklung sendiri tidak diketahui kapan, dan siapa yang pertama menciptakannya. Namun apabila dilihat dari sejarah perkembangan seni pertunjukan daerah Jawa Barat, angklung berasal dari daerah jawa barat itu sendiri.

Namun dari beberapa sumber, angklung menyebar secara luas hampir di seluruh pelosok Jawa Barat dan dipergunakan sebagai alat kesenian yang mendukung upacara - upacara adat serta tradisi daerah - daerah tersebut. Misalnya di daerah Banten, Baduy, Sukabumi, Cirebon dan lain - lain.

Angklung memiliki fungsi utama sebagai sarana ritual seperti: Upacara Ngaseuk Pare (Menanam benih padi), Nginebkeun Pare (Menyimpan Padi Untuk Sementara), Ngampihkeun Pare (Menyimpan Padi), Seren taun (Upacara Tahunan), Nadran (Ziarah),  Ngunjung ka Gunung Jati (Upacara ritual ke gunung jati),  Heleran (Menggiling Padi), dan lain - lain.


"Angklung Alat Musik Tradisional Jawa Barat" |  selain berfungsi sebagai sarana ritual, angklung juga dimainkan dalam acara hiburan. Angklung yang dimainkan adalah Angklung Degung, yaitu angklung yang dimainkan untuk mengiringi sebuah kesenian, seperti kesenian kuda lumping, kesenian badeng, Mengiringi 'Kawih' nyanyian sunda, mengiringi tarian dan masih banyak lagi.

Berdasarkan jenisnya Angklung terbagi menjadi dua, yaitu angklung tradisional seperti; Angklung Baduy, Angklung Buncis, Angklung Gubrag, Angklung Bungko dan angklung modern seperti; Angklung yang dimainkan/dikembangkan oleh Daeng Sutigna, sehingga sering disebut Angklung Daeng.

Demikianlah postingan mengenai "Angklung Alat Musik Tradisional Jawa Barat", semoga membuat kita semakin cinta akan alat musi tradisional bangsa Indonesia.

2 Responses to "ANGKLUNG ALAT MUSIK TRADISIONAL JAWA BARAT"

  1. Wah,,, ini alat musik indonesia yang pengen ane belajar cara maininya gan.
    sukses terus

    BalasHapus
  2. nice instrumen nih bang...harmonisasi yg baik utk telinga pelancong :D


    koemn back in http://2menitsaja.blogspot.com/2013/04/tips-to-bulid-your-confidence.html




    (masukin dong link blog saya di blogroll abang,insyallah blog abang dapat trafik dari blog saya)

    BalasHapus