CALUNG, ALAT MUSIK KHAS JAWA BARAT

"Calung, Alat Musik Khas Jawa Barat" | alat musik ini mirip dengn angklung, karena terbuat dari bambu. Namun cara memainkannya berbeda, karena calungdimainkan dengan car ditabuh atau memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas - ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut Titi Laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari bambu hitam (awi wulung), namun adapula yang di buat dari bambu putih (Awu temen)

Calung terdiri dari beberapa jenis diantaranya:
  1. Calung Gambang adalah calung yang dideretkan dan di ikat dengan tali tanpa menggunakan Acak/standar (penyangga). Dan cara memainkannya pun sangat unik, karena kedua ujung tali di ikatkan pada sebuah pohon atau tiang, sedangkan kedua tali pangkalnya diikatkan pada pinggang sipenabuh. cara menabuhnya mirip seperti memukul gambang.
  2. Calung Gamelan, merupakan gabungan dari berbagai jenis calung yang telah membuat asemble. Di daerah Sumedang calung ini disebut Salentrong. Alat - alat yang di gunakan dalam bermain calung gamelan seperti: Dua perangkat calung gambang masing masing 16 batang ; Jengglong Cangklung terdiri dari 6 batang ; Sebuah gong bambu yang biasa disebut gong bumbung ; dan Calung ketuk serta calung kenong trediri dari 6 batang.
  3. Calung Jinjing, suatu bentuk kesenian calung yang dimainkan dengan di jinjing atau dibawa dengan satu tangan, dan tangan yang lain memegang pemukul sebagai alat tabuh. Calung jenis ini sangat digemari dibandingkan bentuk calung - calung lainnya.
Demikianlah postingan sayang mengenai "Calung, Alat Musik Jawa Barat", Semoga alat - alat musik tradisional di Indonesia lebih dikenal di negara - negara lain.

5 Responses to "CALUNG, ALAT MUSIK KHAS JAWA BARAT"

  1. terus budayakan kesenian Indonesia sob! ;)

    BalasHapus
  2. terus budayakan budaya indonesia gan..
    jangan lupa mampir ke PutuGiBagi

    BalasHapus
  3. wah mantap yah alat musik tradisional indonesia :)
    salam blogwalking

    wowsuka

    BalasHapus
  4. Makasih gan untuk yang ude mampir ke blog sederhana ini.
    Salam persahabatan

    BalasHapus