KUDA LUMPING : Kesenian Unik Dari Jawa Barat

Kalian tahu kuda - kudaan? Suka main kuda - kudaan. Di Jawa Barat ada kesenian unik , kuda lumping namanya. Kesenian ini menggunakan kuda yang dibuat dari bilik (anyaman bambu), sehingga kuda tersebut mudah di kibas - kibaskan ketika akan memunculkan gerakan meliuk- liuk, sepertnya hal seekor kuda yang menari.

Kalau kalian pernah melihat kesenian kuda lumping, tentu kalian akan mudah membayangkannya bagaimana kesenian ini dimainkan. Ditambah, pada kesenian ini juga di iringi oleh musik gamelan dan musik kendang pencak. Kuda - kudaan tersebut di kenakan oleh seorang pemain yang seperti menunggangi seekor kuda.

Biasanya kesenian ini dimainkan di tanah lapang. Biasanya dimainkan oleh dua orang pemain. Selain itu keseragaman tarian di dalam kuda lumping menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi para penonton yang melihatnya.

Di saat akhir pertunjukkan biasanya permainan kuda lumping ini mempertontonkan keterampilan magis, dan kekuatan. Seperti; mengunyah kaca, menyayat tangan dengan golok, membakar dri, berjalan diatas pecahan kaca, dan lain - lain.

Para pemain ini sudah terlatih, makanya mereka tidak terluka. Jadi bagi Adik - adik sekalian yang sudah pernah menonton kesenian ini. Jangan di tiru. Karena nanti kalian bisa terluka.

6 Responses to "KUDA LUMPING : Kesenian Unik Dari Jawa Barat"

  1. jaman sekarang ane sendiri udah jarang lihat kuda lumping scara langsung..

    BalasHapus
  2. dulu aneh hobby tari kuda lumping...skrng malu hehehe tp hoby nonton sekarang

    BalasHapus
  3. Di kampung saya juga banyak ini gan, karna kampung saya ada kultura budaya jawa dan minangkabau, budaya nya unik banget di sana, nama asli kampung saya itu Silaut, atau biasa di sebut dengan transmigrasi silaut.

    jangan lupa mampir kerumahnya gan..
    pribadi budi

    BalasHapus
  4. wah dulu di rumah saya banyak kuda lumping dan topeng monyet skrng udah jarang tuh bro..

    BalasHapus
  5. Iye ni agan - agan sekalian.
    Budaya bangsa ude mulai memudar.
    Btw, Makasih ude menyempatkan datang ke blog sederhana ane

    BalasHapus
  6. di daerahku ( Cilacap ) udah jarang bgt yang ngadain kuda Lumping .. :*

    BalasHapus