Egrang, Salah Satu Permainan Tradisional Indonesia

Latar Belakang Egrang

Satu lagi permainan tradisional Indonesia adalah Egrang. Permainan ini membutuhkan keseimbangan yang baik dari para pemainnya.

Banyak daerah di Indonesia yang mengaku menjadi daerah asal Egrang dan memang permainan ini banyak dijumpai di beberapa daerah dengan nama yang berbeda.

Sebagian wilayah Sumatera barat mengenal Egrang dengan nama tengkak – tengkak (pincang). Di Bengkulu, permainan ini dikenal dengan nama Ingkau (sepatu bambu), Di Jawa Tengah Egrang dikenal sebagai Jangkungan yang berasal dari nama burung berkaki panjang.

Sedangkan kata egrang sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu panjang. Dan orang Kalimantan Selatan menyebut permainan ini Batungkau.

Pembuatan Egrang

Egrang terbuat dari bambu atau kayu yang diberi pijakan kaki agar lebih mudah bergerak. Sedangkan cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  1. Pilihlah dua batang bambu yang kuat dan lurus. Bambu yang biasa digunakan membuat egrang adalah bambu apus atau wulung
  2. Potong bambu tersebut sepanjang 2 meter atau disesuaikan dengan keinginan
  3. Selanjutnya membuata lubang pada bambu. Tinggi lubang disesuaikan dengan tinggi rendahnya pijakan egrang yang di inginkan
  4. Setelah itu, batang bambu untuk pijakan kaki dimasukan pada lubang
  5. Agar lebih kuat, biasanya bambu pijakan dipaku. Setelah itu, egrang di uji coba kekuatannya dengan cara dinaiki. Bila cukup kuat menahan beban tubuh, maka egrang siap digunakan

1 Response to "Egrang, Salah Satu Permainan Tradisional Indonesia"

  1. salah satu permainan tradisional yg paling saya gemari semasa kecil dulu
    http://kerajinan.giribig.com/

    BalasHapus