Permainan Lompat Tali Karet

Lompat Tali | merupakan permainan yang sering dilakukan untuk berolahraga. Pada permainan Tradisional Indonesia, Tali diganti dengan karet sehingga dinamakan lompat karet. Pada permainan ini, karet dikepang hingga membentuk tali memanjang sekitar 2 sampai 3 meter.

Pemain lompat tali minimal 3 orang, yaitu dua orang saling berhadapan untuk membentangkan tali karet dan satu orang pelompat.


Lompat tali atau "main karet" pernah populer di tahun 70-an hingga 80-an. Dan saat ini permainan ini dilirik kembali karena ada sekolah dasar yang menugaskan muridnya membuat jalinan karet gelang untuk dijadikan sarana bermain dan berolahraga.

Manfaat Lompat Tali Karet

Permainan ini sangat baik bagi perkembangan anak karena merangsang saraf motorik anak sehingga anak tumbuh cekatan, tangkas dan dinamis.

Otot - otot anakpun menjadi padat dan berisi, kuat serta terlatih.

Lompat tali juga dapat membantu mengurangi kejadian oesitas pada anak. Selain itu permainan ini sangat baik untuk mengembangkan keeranian, melatih ketelitian dan ketepatan anak untuk mengukur lompatan atau mengikuti irama ayunan tali, serta mengembangkan sifat pertemanan (sosialisasi) dalam diri anak.

Cara Bermain Lompat Tali Karet

  1. Permainan diawali dengan hompipah dan suit untuk menentukan giliran pemain,
  2. Pemain yang mendapatkan giliran melompat harus melewati tahap pertama, yaitu melompati tali setinggi paha. Bila pemain menyentuh tali maka pemain gagal dan gilirannya diganti,
  3. Selanjutnya pemain harus dapat melewati beberapa tahap tinggi kali seperti Pinggang, dada, telinga, kepala, sejengkal dari kepala dan terakhir tangan terentang diatas kepala atau sebagian anak menyebutnya merdeka,
  4. Pemenang permainan adalah pemain yang dapat melewati tahap tertinggi tali karet tersebut.

0 Response to "Permainan Lompat Tali Karet"

Posting Komentar