Permainan Ular Naga, Permainan Baris Berbaris Yang Menyenangkan

Permainan Ular Naga | merupakan permainan tradisional di Indonesia. Pada permainan ini anak - anak berbaris berpegangan pada "buntut", yakni ujung baju atau pinggang anak didepannya.

Seorang anak yang paling besar bermain sebagai "induk" dan berada paling depan di barisan. Selain itu terdapat dua anak yang berperan sebagai "gerbang" dengan berdiri saling berhadapan dan saling berpegangan tangan diatas kepala. "induk" dan "gerbang" biasanya dipilih dari anak - anak yang tangkas berbicara, karena salah satu daya tarik permainan ini adalah dalam dialog mereka.


Cara Bermain Ular Naga

  1. Anak - anak berbaris dengan "induk" didepan lalu berjalan mengitari "gerbang" yang berdiri di tengah - tengah halaman, sambil menyanyikan lagu,
  2. Pada saat - saat tertentu sesuai dengan lagu, ular naga akan berjalan melewati "gerbang",
  3. Ketika lagu habis, anak yang berjalan paling belakang akan "ditangkap" oleh "gerbang",
  4. Setelah itu, si "induk" (dengan semua anggota barisan berderet dibelakangnya) akan berdialog dan berbantah - bantahan dengan kedua "gerbang" perihal anaknya yang ditangkap,
  5. Pada akhirnya, sianak yang ditangkap disuruh memilih untuk ditempatkan dibelakang salah satu "gerbang",
  6. Permainan terus berlangsung hingga "induk" kehabisan anak dan permainan selesai,
  7. Di daerah lain, dilanjutka dengan sang "induk" yang berusaha mengambil anak dibelakang "gerbang" sementara setiap "gerbang" berusaha menghalangnya. Anak yang dapat diambil akan kembali berdiri dibelakang induk dan permainan dimulai kembali.

Syair Lagu Ular Naga

"Ular naga panjangnya bukan kepalang, menjalar - jalar selalu kian kemari, umpan yang lezat itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang..."

0 Response to "Permainan Ular Naga, Permainan Baris Berbaris Yang Menyenangkan"

Posting Komentar