Pasar Terapung, Banjarmasin

Pasar Terapung | merupakan sebuah pasar yang terletak di Muara Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini mulai beraktivitas setelah Shalat Shubuh sampai dengan pukul 07.00 pagi.


Disebut pasar terapung, karena pedagang dan pembelinya bertransaksi dengan menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar disepanjang Sungai Barito.

Suasana pasar terapung ini sangat unik dan khas. Perahu besar dan perahu kecil saling berdesakan mencari pembeli, dan penjual yang selalu bersliweran kian kemari serta oleng dimainkan gelombang sungai barito.

Jukung – jukung tersebut di isi dengan muatan barang dagangan dari sayur mayor, buah – buahan, ikan dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Para pedagang wanita yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk di jual kembali disebut penyambangan.

Keistimewaan dari pasar ini adalah dengan masih seringnya terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu, yang dalam istilah bahasa banjar disebut bapanduk.

Dan tahukah kalian???

Didekat pasar terapung, ternyata di Banjarmasin masih banyak ditemui rumah – rumah terapung disepanjang sungai yang disebut Rumah Lanting.

0 Response to "Pasar Terapung, Banjarmasin"

Posting Komentar